Penyempurnaan Indikator Kinerja di Lingkungan Sekretariat Kabinet

Deputi Bidang Administrasi c.q. Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi (Biro AKRB) menyelenggarakan kegiatan Penyempurnaan Indikator Kinerja di lingkungan Sekretariat Kabinet, di ruang Rapat Sekretaris Kabinet, Gedung 3 Lantai 2 Kementerian Sekretariat Negara, pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat Eselon II yang membawahi Bidang Fasilitasi Operasional (FO), Kepala Bidang FO beserta staf Bidang FO, dan pejabat/pegawai di lingkungan Kedeputian Bidang Administrasi, dengan menghadirkan narasumber Bapak Ananda Juarsa, Ak., Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur, Kementerian PANRB.

Kegiatan Penyempurnaan Indikator Kinerja dimaksudkan dalam rangka melaksanakan amanat Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan PermenPANRB Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, serta sebagai tindak lanjut atas rekomendasi Kementerian PANRB dalam Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Sekretariat Kabinet Tahun 2017, bahwa untuk lebih mengefektifkan penerapan budaya kinerja, Sekretariat Kabinet perlu melakukan penyempurnaan Indikator Kinerja seluruh unit kerja di lingkungan Sekretariat Kabinet.

Menindaklanjuti rekomendasi Kementerian PANRB tersebut, Biro AKRB telah melakukan penyempurnaan pada keselarasan penjabaran (cascade down) kinerja, mulai dari level instansi/pimpinan/kepala unit kerja sampai dengan Indikator Kinerja di level individu pegawai dengan menyusun draf pohon kinerja di lingkungan Sekretariat Kabinet sebagaimana usulan dari masing-masing unit kerja. Guna penyempurnaan draf dokumen, Biro AKRB melakukan rapat pembahasan bersama-sama dengan pejabat/pegawai terkait.

 

 

Oleh Tim Biro AKRB