Penyempurnaan Indikator Kinerja di Lingkungan Sekretariat Kabinet
Deputi Bidang Administrasi c.q. Biro Akuntabilitas
Kinerja dan Reformasi Birokrasi (Biro AKRB) menyelenggarakan kegiatan
Penyempurnaan Indikator Kinerja di lingkungan Sekretariat Kabinet, di ruang
Rapat Sekretaris Kabinet, Gedung 3 Lantai 2 Kementerian Sekretariat Negara,
pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh para
pejabat Eselon II yang membawahi Bidang Fasilitasi Operasional (FO), Kepala
Bidang FO beserta staf Bidang FO, dan pejabat/pegawai di lingkungan Kedeputian
Bidang Administrasi, dengan menghadirkan narasumber Bapak Ananda Juarsa, Ak.,
Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur, Kementerian
PANRB.
Kegiatan Penyempurnaan Indikator Kinerja dimaksudkan
dalam rangka melaksanakan amanat Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem
Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan PermenPANRB Nomor 53 Tahun 2014
tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara
Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, serta sebagai tindak lanjut atas
rekomendasi Kementerian PANRB dalam Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah Sekretariat Kabinet Tahun 2017, bahwa untuk lebih
mengefektifkan penerapan budaya kinerja, Sekretariat Kabinet perlu melakukan
penyempurnaan Indikator Kinerja seluruh unit kerja di lingkungan Sekretariat
Kabinet.
Menindaklanjuti rekomendasi Kementerian PANRB tersebut,
Biro AKRB telah melakukan penyempurnaan pada keselarasan penjabaran (cascade down) kinerja, mulai dari level
instansi/pimpinan/kepala unit kerja sampai dengan Indikator Kinerja di level
individu pegawai dengan menyusun draf pohon kinerja di lingkungan Sekretariat
Kabinet sebagaimana usulan dari masing-masing unit kerja. Guna penyempurnaan
draf dokumen, Biro AKRB melakukan rapat pembahasan bersama-sama dengan
pejabat/pegawai terkait.
Oleh Tim Biro AKRB