Penghargaan Pelayanan Publik, Deputi DKK: Ini Pencapaian Seluruh Sekretariat Kabinet
Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan
penghargaan kepada Sekretariat Kabinet (Setkab) karena berdasarkan evaluasi
yang dilakukan, Unit Pelayanan Publik Setkab yang berada di Kedeputian Bidang
Dukungan Kerja Kabinet (DKK) memperoleh Indeks Pelayanan Publik sebesar 4,16
dengan kategori A- (Sangat Baik).
Dengan
nilai indeks tersebut, Unit Pelayanan Publik Sekretariat Kabinet dinilai sudah
menerapkan seluruh aspek dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik
sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Atas
prestasinya itu, Sekretariat Kabinet memperoleh penghargaan yang diserahkan
dari Kementerian PANRB. Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Pelayanan
Publik Kementeran PANRB Diah Natalisa kepada Deputi Sekretaris Kabinet Bidang
DKK Thanon Aria Dewangga, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (11/12)
pagi.
Pencapaian
Untuk Semua
Deputi
Seskab Bidang DKK, Thanon Aria Dewangga, mengaku bersyukur atas pemberian
penghargaan itu, yang dinilainya merupakan pencapaian yang luar biasa bagi
Sekretariat Kabinet karena baru pertama kali ini dinilai langsung mendapatkan
A- atau sangat baik.
“Buat saya pencapaian ini bukan hanya untuk satu kedeputian saja tetapi ini merupakan pencapaian untuk keseluruhan instansi yaitu Sekretariat Kabinet. Kebetulan unit yang dinilai adalah unit yang menangani persidangan kabinet yang di support oleh seluruh deputi yang ada di Setkab. Jadi ini adalah pencapaian untuk semuanya,” kata Thanon.
Deputi Bidang Administrasi, Sekretariat Kabinet, Farid Utomo didampingi Karo SDMOT, Karo AKRB, Karo Umum
dan sejumlah pegawai tersenyum menyambut penghargaan atas pelayanaan publik Sekretariat Kabinet, Lobby Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (11/12) siang. (Foto:
Jay/Humas)
Diakui Deputi DKK,
dari evaluasi Kementerian PANRB masih ada catatan kekurangan dalam pelayanan
publik di Setkab, terutama terkait masalah inovasi. Karena itu, ke depan dengan bantuan semua pihak dan kerja sama
dengan instansi-instansi yang lain, pihaknya akan mencoba meningkatkan inovasi
tersebut. Salah satunya melalui penggunaan teknologi informasi. “Diharapkan
dengan penggunaan teknologi informasi itu kita dapat lebih meningkatkan lagi
pelayanan kepada kementerian dan lembaga, serta meningkatkan pelayanan prima
kepada Presiden,” ungkap Thanon. Menurut Deputi Seskab Bidang DKK itu, yang
perlu ditingkatkan lagi adalah aspek profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM)
karena persidangan kabinet melayani presiden dan melayani kabinetnya. Sehingga
otomatis, lanjut Thanon, Kedeputian DKK juga seharusnya bisa memberikan
pelayanan yang lebih daripada kementerian-kementerian yang lain. “Saya
optimistis tahun depan dengan dukungan dari kedeputian yang lain, aspek di
bidang SDM ini bisa kita tingkatkan lagi,” pungkas Thanon.
Mendampingi Deputi DKK dalam penerimaan penghargaan dari Kementerian PANRB itu Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Dyah Pancaningrum.
(DND/JAY/ES)