Bimbingan Teknis Penyusunan SKP Tahun 2022 pada Aplikasi Toolkit berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara


Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tahun 2022 pada Aplikasi Toolkit berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 (Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022) tentang Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara, secara tatap muka dan virtual melalui aplikasi zoom, pada hari Senin (6/6).

Kegiatan dilakukan dalam rangka menjelaskan mekanisme penggunaan aplikasi Toolkit penilaian kinerja ASN yang mengacu pada aturan yaitu PermenPANRB Nomor 6 Tahun 2022, kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi, Hendry Prihandono, S.Kom., M.Kom., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan diharapkan membawa manfaat lebih dalam mengenai penyusunan SKP ke depannya.

Dengan narasumber Kepala Subbagian Pengelolaan Data Kinerja Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi, Bestari Sastra Setia, S.AP., kegiatan ini mengundang seluruh pejabat dan pegawai di Lingkungan Sekretariat Kabinet, dan tercatat sebanyak 163 pejabat dan pegawai menghadiri kegiatan tersebut. Peserta bimtek diharapkan dapat melaksanakan transfer knowledge kepada rekan-rekan di unit kerja yang tidak dapat berkesempatan hadir.

Narasumber menyampaikan bahwa Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022 ini merupakan peraturan yang menggantikan Permen PANRB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil sebelumnya.

Narasumber juga menyampaikan bahwa inti keberhasilan implementasi Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022 adalah dengan adanya dialog kinerja, dimana Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) berperan mengawal dan menjaga terlaksananya arahan terkait ekspektasi yang diinginkan. JPT dapat memberikan dialog kinerja, oleh karena itu sangat ditekankan pentingnya leadership dalam penerapan Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022.

Dialog kinerja untuk menetapkan dan mengklarifikasi ekspektasi pimpinan terhadap peran pegawai dalam mendukung pencapaian kinerja organisasi, yang dimana nantinya dialog kinerja ini akan memberikan feedback (umpan balik) terhadap hal-hal yang sudah baik atau hal-hal yang perlu diperbaiki pegawai.

Penyusunan SKP tahun 2022 saat ini baru di fokuskan untuk penetapan SKP awal Januari, sedangkan untuk penilaian pada pegawai yang baru dilantik bulan April 2022 akan menyusul setelah toolkit sudah siap digunakan.

Peserta bimtek ini diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022 melalui penggunaan toolkit dan penyusunan SKP di lingkungan Sekretariat Kabinet berjalan baik. (RTN/FAD)