Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi e-Kinerja di Lingkungan Sekretariat Kabinet

Deputi Bidang Administrasi c.q. Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi (Biro AKRB) telah mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi e-Kinerja di Lingkungan Sekretariat Kabinet pada hari Rabu, 15 Maret 2023 di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 105 orang peserta dari seluruh unit kerja yang ada di Sekretariat Kabinet berikut Asisten Staf Khusus Presiden (ASKP) maupun Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (ASKWP) serta 2 orang tamu undangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sekretariat Kabinet dan dilanjutkan dengan sambutan dari Plh. Kepala Biro AKRB, Bagas Putranto, S.I.Kom., S.H., M.AP. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendiseminasikan dan mengimplementasikan aplikasi e-kinerja BKN di lingkungan Sekretariat Kabinet. Terkait hal tersebut, Biro AKRB mengundang BKN untuk dapat memberikan pendalaman lebih jauh terkait aplikasi e-Kinerja yang nantinya data dari e-Kinerja akan diolah sebagai database penilaian kinerja untuk kebutuhan layanan kepegawaian serta membangun manajemen talenta. Turut hadir sebagai narasumber yaitu Bapak M. Ridwan Hanafi, Pranata Komputer Pertama dan Ibu Atim Mufarrihah, Pranata Komputer Keahlian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).


Lebih lanjut, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis mengenai pengisian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di lingkungan Sekretariat Kabinet melalui aplikasi      E-Kinerja sebagai bentuk tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Aplikasi e-Kinerja, yang dapat diakses melalui tautan https://kinerja.bkn.go.id/, mengakomodir dua model SKP yakni model kuantitatif dan kualitatif, serta memiliki kolom penilaian perilaku kerja yang didasarkan pada core values ASN “BerAKHLAK”. Aplikasi berbasis web ini juga telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).



Kegiatan sosialisasi dan bimtek tersebut di mulai dengan pemaparan materi dari narasumber lalu dilanjutkan dengan asistensi pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja. Materi dan rekaman kegiatan dimaksud dapat diakses pada tautan https://tinyurl.com/BimtekEKinerja. KAD